Blog ini diterbitkan oleh Komisi Sastra Dewan Kesenian Serdang Bedagai. Bagi penulis Serdang Bedagai diharapkan dapat mengirimkan tulisan-tulisannya ke redaksi guna dipublikasi secara on line sekaligus untuk dokumentasi serta program-program berikutnya demi dinamika sastra di tanah bertuah negeri beradat

Sabtu, 08 Juni 2013

PROGRAM KERJA DEWAN KESENIAN DAERAH SERDANG BEDAGAI



Dewan Kesedian Daerah Serdang Bedagai dilantik.  Safrul Hayadi selaku ketua terpilih merasa lega setelah tersusun dan dilantiknya Dewan Kesenian Serdang Bedagai oleh ketua umum Dewan Kesenian Sumatera Utara.  Serdang Bedagai sudah berumur sembilan tahun tetapi baru kali ini memiliki Dewan Kesenian.

“Kita harus berdayakan ini Serdang Bedagai yang memiliki semboyan Tanah Bertuah Negeri Bearadat. Serdang bedagai merupakan daerah budaya dan kesenian. “ demikian ujar Safrul Hayadi yang anggota DPRD Serdang Bedagai.

“Saya ingin ciptakan Lokasi Replika Istana Sultan Serdang ini menjadi Kampung Seni” tambahnya bersemangat.

Safrul Hayadi berharap kepada pengurus kiranya jangan setelah dilantik lalu dilantak. Selain itu beliau juga menyampaikan dalam sambutannya di hadapan Bupati Serdang Bedagai H. T. Eri Nuradi bahwa ada lima program yang akan dilaksanakan oleh Dewan Kesenian Serdang Bedagai.

Yang pertama adalah program Identifikasi/inventarisasi. Sebagai kabupaten pemekaran yang baru berumur setahun jagung ini tentu  segala potensi seni yang ada di serdang bedagai ini belum teridentifikasi dengan baik. Karena memang belum ada yang mengurusi. Serdang bedagai yang penduduknya berbagai etnis ini tentu memiliki beragam budaya,adat istiadat bahkan karya-karya seni yang mendunia. Sebut saja bapak sayuti sang pencipta Tari Serampang XII yang terkenal sampai ke yugoslafia itu berasal dan asli penduduk Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai.

Kedua adalah program Sosialisasi. Segala sesuatu yang telah tercipta dan menjadi syah miliki serdang bedagai ini harus disosialisasikan agar sentero dunia mengetahuinya.

Program ketiga adalah implementasi. Seluruh potensi karya seni dan budaya harus di implementasikan  di tengah-tengah masyarakat. Sehingga tidak hanya tinggal nama. Ada Tari Serampang XII. Masyarakat Serdang Bedagai harus mengetahui dan bisa menarikan Tari Serampang XII tersebut.

Kempat program pelestarian. Seluruh hasil karya seni budaya Serdang Bedagai harus dilestarikan. Dalam hal ini dituntut campur tangan pemerintah daerah serdang Bedagai dalam penyediaan anggaran. Sehingga segala yang telah diprogramkan dapat tercapai dengan gemilang.

Kelima adalah IKON. Ini adalah program yang spektakuler. Kesenian harus merupakon  IKON Serdang Bedagai. Kampung Seni. Ini yang akan dijadikan ikon oleh Safrul Hayadi. Serdang Bedagai sangat strategis bagi kunjungan wisata. Selain daerah pariwisata yang memang ada di Serdang bedagai  seperti Pantai Cermin, Pantai Klang Indah, Pantai Kuala Putri, Pantai ATP, Patai Sialang Buah, Pantai Bedagai, wisata kuliner di Desa Bengkel Jalan lintas Sumatera . Wisatawan baik domestik maupun manca negara yang melintas akan singgah atau disinggahkan untuk berkunjung ke kampung seni. Kalau orang mau beli oleh-oleh di Kampung seni. Mau lihat seni budaya juga di kampung seni.

 “Kita gembira. Ternyata masyarakat seni serdang Bedagai masih antusias dengan keseniannya.” Demikian kata safrul Hayadi di sela-sela kesibukannya mengurus PSSI kabupaten Serdang Bedagai. (Suriono A. Munay)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar